KPMD Desa Pamutih Mewakili Pemalang di Balai Besar Pelatihan Masyarakat (BBLM) Jogjakarta

Pada tanggal 13-17 Oktober 2017 Balai Besar Pelatihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta  menyelenggarakan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Kantor BBLM Yogyakarta yang dikuti peserta dari Kabupaten Demak,Sleman,Temanggung, Pemalang salah satunya dari KPMD Desa Pamutih Kecamatan Ulujami yang mewakili pemalang .

Kepala Dinas PMD  membuka secara resmi pelatihan, menyampaikan “KPMD adalah warga desa terpilih yang bisa memfasilitasi atau memandu masyarakat dalam mengikuti atau melaksanakan kemajuan desa pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pemeliharaan. Sebagai kader masyarakat tentunya peran dan tugas membantu pengelolaan pembangunan di desa diharapkan tidak terikat waktu”.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan beberapa materi yang disampaikan, diantaranya yaitu peran KPMD di desa ,yang pertama sebagai fasilitator yang memoderatori musyawarah desa atau yang biasa kita sebut Musdes, sehingga musyawarah dapat berjalan dengan lancar dan aspirasi dari berbagai kalangan dapat tersampaikan. Yang kedua sebagai motivator pemberi semangat atau penstimulan kepada masyarakat yang ada desanya. Yang ketiga sebagai advokad yaitu pendamping, pengawal, pemberi dukungan kepada kelompok masyarakat desa yang lemah. Yang keempat sebagai pendamping pemberdayaan masyarakat desa yaitu membawa perubahan terhadap desanya, supaya desanya menjadi desa yang maju, mandiri, kuat, dan demokratis.

Dedi Sulasmono, S.Sos Kabid Penyelenggaraan BBLM Yogyakarta menutup secara resmi pelatihan berharap peserta pelatihan dapat mengambil ilmu dan mengamalkannya di masyarakat. “Melalui pelatihan ini saya harapkan semua peserta dapat mengikuti dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dan mengamalkan di tengah kehidupan bermasyarakat nanti dan bantuan stimulant yang sudah diberikan setiap peserta dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan optimal”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *