Pemerintah Desa Pamutih Akan segera membentuk Karang Taruna yang baru dan Kepengurusan BUMDes

Pemerintah Desa Pamutih Akan segera membentuk Karang Taruna yang baru dan Kepengurusan BUMDes

Berdasarkan  Musyawarah  Senin 5 Desember yang di pimpin Oleh Bapak  Abdurrokhim selaku Kepala Desa Pamutih tadi sore yang di hadiri Akroman (BPD ) Rahmat Karyoto (TPK) Dedi Oktiawan (KPMD) ,dan Perangkat Desa.

Pemerintah Desa Pamutih Punya rencana Pembentukan Kepengurusan  Karang Taruna yang baru dan Rencana Kepengurusan BUMdes Pamutih agar Segera dibentuk.

Berikut penjelasanya dari berbagai sumber

logokarangtaruna2

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Demikian disebutkan dalam Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna (“Permensos 77/2010”) 

 

Dari sini kita bisa lihat bahwa karang taruna berada di wilayah desa/kelurahan, seperti halnya Anda yang bekerja pada karang taruna di wilayah desa. Hal ini kembali ditegaskan dalam Pasal 4 Permensos 77/2010:

 

“Karang Taruna berkedudukan di desa/kelurahan di dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

 

Perlu diketahui bahwa karang taruna termasuk sebagai Lembaga Kemasyarakatan. BerdasarkanPasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (“Permendagri 5/2007”), karang taruna adalah Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial, yang secara fungsional dibina dan dikembangkan oleh Departemen Sosial.

 

Sedangkan,

Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.
BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDes harus bersumber dari masyarakat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar, seperti dari Pemerintah Desa atau pihak lain, bahkan melalui pihak ketiga.

Ini sesuai dengan peraturan per undang-undangan (UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat 3). Penjelasan ini sangat penting untuk mempersiapkan pendirian BUMDes, karena implikasinya akan bersentuhan dengan pengaturannya dalam Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Desa (Perdes).

 

 

This Post Has 6 Comments

  1. I just want to say I’m all new to blogging and seriously savored your web site. Most likely I’m likely to bookmark your website . You definitely come with outstanding posts. Kudos for sharing your web page.

    1. ok,
      Contact me in facebook Dedi Ketua Suku Alhamdulillah

  2. I simply hope to advise you that I am new to having a blog and really valued your article. Quite possibly I am probably to save your blog post . You really have extraordinary article material. Value it for discussing with us your main website post

  3. Hey, you used to write fantastic, but the last several posts have been kinda boring… I miss your great writings. Past few posts are just a bit out of track! come on!

  4. Awesome write-up. I’m a normal visitor of your web site and appreciate you taking the time to maintain the nice site. I’ll be a frequent visitor for a long time.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat